CARA MEMPERBAIKI SEMUA KERUSAKAN KULKAS 1 PINTU DAN 2 PINTU

Tutup

CARA MEMPERBAIKI SEMUA KERUSAKAN KULKAS 1 PINTU DAN 2 PINTU



Dulu sih saya sangat awam sekali dalam Elektronik Khususnya di bidang Teknisi Pendingin ,Ilmu yang saya dapat kebanyakan dari forum-forum grup di Facebook,berawal dari iseng” eh malah tertarik dengan dunia elektronik khususnya Pendingin.Karena saya sangat menginginkan mempunyai keahlian di segala bidang elektronik karena latar belakang saya dari Anak STM jurusan Elektronik,Nanti apa kata tetangga kalau ngambil jurusan elektronik kok gak bisa service barang elektronik,,,heheh begitulah kalau di nyinirin tetangga kita cukup bersabar aja dan kita harus dapat membuktikan bahwa kita lebih hebat dari anaknya yang di bangga-banggaiin itu...Okelah ke inti pembahasannya langsung di bawah ini.

Langkah-Langkah perbaikannya simak penjelasan Tuser SolderPanas.com :
Memang dalam perbaikan kulkas pada dasarnya sama walaupun merek nya LG ,SHARP, SAMSUNG TOSHIBA ,SANYO, PANASONIC ,POLYTRON atau merek lainnya, akan tetapi  letak dan bentuk untuk komponen yang sedikit berbeda namun ada juga terkadang sama juga bentuk, fungsi dan cara kerjanya dalam modul.

Lalu bagaimana cara mudah untuk mengetahui penyebab kerusakan? sebaiknya sobat harus terlebih dahulu mengetahui ciri kerusakan kulkas tersebut, apakah kulkas itu mati total, kulkas tidak mau dingin, kulkas kurang dingin.Agan harus cermat dalam mengAnalisis suatu kerusakan dan cara penanganannya harus bagaimana.

Namun Sobat gak perlu khawatir Pada kesempatan kali ini saya akan beritahu " RAHASIA MEMPERBAIKI KULKAS UNTUK SEMUA GANGGUAN KERUSAKAN (trobel) " pada kulkas 1 pintu atau 2 pintu, baik sistem komponen kelistrikan maupun perbaikan sistem jalur gas refrigrent nya.

Hehehe....judulnya bikin kalian penasaran yahh?... ..padahal cuma mau  berbagi pengalaman cara mengatasi kulkas mati total, kurang dingin atau tidak dingin , truss  kalau bener rahasia ngapain di publikasikan heheheee..aneh-aneh saja saya yahh..

Ok .. Langsung saja saya jelaskan satu persatu cara mengatasi kerusakan kulkas 1 pintu serta 2 pintu. Sebelum memperbaiki kulkas sebaiknya terlebih dahulu cek dulu kelistrikan rumah anda, siapa tahu penyebab kulkas bermasalah sebenarnya karena colokan kendor saja kan lucu.., Voltase listrik tidak setabil atau karena belum beli token pulsa listrik mungkin heheheee

Begini Cara Memperbaiki Kulkas 1 Pintu Mati Total
Yang dimaksud mati total ini  bukan berarti lampu juga ikut mati juga lohh, akan tetapi bila kerusakan terjadi bersamaan dengan lampu kulkas mati kemungkinan bisa jadi penyebabnya kabel ada yang lepas atau putus atau mungkin digigit tikus.

Kerusakan kulkas mati total disini yang saya maksut adalah mesin compressor sebagai jantung dari  kulkas tidak mau memompa gas freon ( refrigrant ) yang terletak di belakang kulkas yang tidak bekerja, tidak bunyi, tidak panas dan tidak bergetar.

Untuk itu saya jelaskan terlebih dahulu  ya... yaitu cara kerja kulkas agar lebih mudah memahami semua jenis dalam  kerusakan, tapi yang sudah paham tentang permasalahan kulkas entar kelamaan bacanya, jadi yang belum paham silahkan baca pada postingan di bawah ini :

Cara Kerja Kulkas/ Lemari Pendingin

Untuk Cara mencari kerusakan kulkas mati dengan cara sebagai berikut :
Langkah pertama
Cek dulu 2 kabel yang menuju ke mesin compressor, bila sobat mempunyai alat multi bisa diukur dengan mengetahui apakah kedua kabel colokan tersebut terhubung ke jalur kabel yang menuju ke mesin compressor. Bila salah satu kabel tidak terhubung ke colokan listrik berarti kerusakan pada pengatur suhu ( thermostat ), ganti dengan thermostat yang baru/pengganti.

Mengganti thermostat yang baru belum tentu settingan suhu cocok lohh lur.., terkadang suhu freezer belum sampai beku, thermostat sudah memutus arus listrik ke mesin compressor. Maka untuk itu diperlukan langkah setting ulang thermostat nya , caranya bisa sobat lihat postingan berikut ini :

CARA SETTING THERMOSTAT KULKAS FREEZER SHOWCASE 


1. Untuk Menyetel Thermostat kurang dingin / tidak dingin
Menyetel thermostat yang kurang dingin padahal setelan suhu sudah maksimal yaitu dengan cara memutar baut ring suhu berlawanan dengan arah jarum jam. Putarlah baut range blub dengan setengah putaran lalu tunggu dulu hasilnya, kalau masih belum pas, silahkan putar setengah lingkaran kembali dengan arah berlawanan jarum jam.

2. Menyetel Thermostat yang terlalu dingin
Menyetel thermostat yang terlalu dingin hingga bunga es di evaporator terlalu cepat tebal dengan cara kebalikan dengan cara diatas, yaitu dengan cara memutar arah jarum jam setengah lingkaran pada baut range blub suhu. Tunggu hasilnya dahulu, bila belum pas sesuai dengan yang diharapkan yaitu mesin compressor tidak mau mati saat suhu tercapai. Silahkan putar kembali searah jarum jam sebanyak setengah lingkaran.

3. Menyetel Thermostat untuk memperpanjang lama waktu  compressor hidup kembali.
Cara menyetel thermostat agar compresor tidak cepat hidup kembali dengan cara memutar baut diferential yang letaknya di dekat pin soket thermostat. Waktu jeda compresor hidup kembali normalnya sekitar 10 menit sampai 15 menit. Hal ini untuk memberikan waktu agar tekanan gas refrigrant kembali seimbang agar mesin compresor pada saat hidup kerjanya tidak terlalu berat.

Pengatur suhu – Thermostat Bila kedua kabel terhubung maka lanjutkan untuk memeriksa PTC Relay dan Overload compressor pendingin

Langkah kedua
Overload merupakan pengaman kumparan motor compressor yang akan secara otomatis memutus arus listrik bila terjadi kerusakan akibat lilitan rusak, voltase listrik menurun atau tidak setabil, mesin compressor macet atau karena panas mesin berlebih dan akan terhubung lagi bila panas menurun.

overload motor compressor
Overload kebanyakan rusak karena usia atau ada yang retak ( pecah ).

Langkah ketiga
Memeriksa PTC Relay yang berfungsi menghubungkan atara kumparan running dan starting.

PTC Relay mesin compressorKerusakan pada PTC Relay biasa terjadi akibat keramik heater sebagai penghubung pecah, namun biasanya ciri kerusakan ditandai mesin compressor kalau dipegang terasa hangat atau panas akibat gagal restart. Memeriksa PTC Relay tidak ada salahnya, siapa tahu tidak terhubung ke pin running karena korosif atau berkarat. Bila kondisi Overload dan PTC Relay kulkas dalam keadaan baik, berarti kerusakan akibat kumparan motor compressor putus ( ganti mesin compressor baru ).

Cara memperbaiki kulkas 1 pintu kurang dingin
Perbaiki kulkas satu pintu dalam hal ini mesin compressor bunyi bergetar namun kurang dingin dan di tempat rak freezer tidak ditemukan es atau ada bunga es hanya ada sebagian diatas freezer atau dipinggir kemungkinan akibat terjadi kebocoran gas freon, ada kebuntuan filter dan pipa kapiler atau jalur pipa evaporator terjadi penumpukan oli. Namun bisa juga kulkas kurang dingin akibat tekanan / kompresi pumpa mesin compressor sudah tidak kuat.

Untuk kulkas 1 pintu kurang dingin namun ada bunga es atau penumpukan bunga es merata diseluruh rak freezer kemungkinan akibat pintu kulkas tidak tertutup rapat.

Cara memperbaiki kebocoran, kebuntuan gas di filter, pipa kapiler atau penumpukan oli di pipa evaporator kulkas 1 2 pintu akan saya bahas diakhir postingan ini.

CARA MEMPERBAIKI KULKAS 2 PINTU MATI
Untuk mendeteksi kerusakan kulkas dua pintu mati total yaitu mesin compressor tidak hidup, tidak bunyi, tidak bergetar ataupun panas dan blower kipas di ruang freezer juga mati namun lampu masih bisa hidup bisa melakukan langkah berikut ini.

Langkah pertama
Cari letak timer kulkas, letak timer kulkas kebanyakan berada di belakang kulkas sebelah pojok kiri, tapi ada tipe kulkas yang ditaruh di dalam ruang pintu bawah.

Letak timer di belakang kulkasPutar sedikit setelan kearah kebalikan jarum jam lalu hubungkan kulkas ke listrik, bila mesin compressor dan motor kipas blower hidup tunggu sekitar 5 menit.
Apakah pipa kondensor ( body luar kulkas dipegang panas / hangat dan suhu ruang freezer mulai dingin....? Berarti kerusakan terjadi pada bagian komponen pencairan bunga es seperti heater kulkas, thermo / thermal fuse atau timer defrost kulkas itu sendiri yang rusak. Cek satu persatu dengan langkah sebagai berikut ini.

Cara cek heater kulkas
Langkah pengecekan pada komponen kulkas 2 pintu yaitu heater defrost kulkas dengan cara sebagai berikut :

Melihat secara langsung apakah heater pecah atau kawat heater putus.

Menggunakan multi untuk cek, bila masih bagus akan terhubung dan menunjukkan nilai hambatan tertentu.

Mencoba secara langsung dengan menghubungkan kedua kabel ke arus listrik, tapi bila terlalu ribet untuk cek bagus tidaknya heater beserta termal fuse bisa anda coba dengan menggabungkan kedua kabel thermo defrost lalu memutar timer defrost ke posisi proses pencairan bunga es dimana mesin compressor beserta motor dinamo kipas akan mati dan hanya heater yang bekerja untuk memanaskan es di ruang pipa evaporator agar mencair

Cara cek timer defrost kulkas 2 pintu

Pada pengecekan heater diatas disebutkan yaitu menggabungkan kedua kabel thermo defrost, tapi untuk pengecekan timer defrost kulkas dengan cara memisahkan kabel thermo defrost atau memasang kembali thermo defrost yang sudah tidak kondisi dingin, karena thermo defrost pada saat dingin yaitu suhu dibawah 13° Celcius akan terhubung.

Letak kaca transparan untuk cek roda gigi

Untuk mengetahui timer defrost kulkas masih keadaan baik bisa sobat lihat putaran roda gigi berputar pada bagian yang saya tandai dengan lingkaran pada gambar diatas, atau dengan menunggu paling lama 45 menit akan berpindah ke proses pendinginan, yaitu mesin compressor dan motor kipas blower hidup kembali.

CARA MEMPERBAIKI KULKAS 2 PINTU KURANG DINGIN

Kulkas dua pintu kurang dingin ada banyak kemungkinan penyebabnya, yaitu :

Pintu tidak rapat bisa menjadi penyebab kulkas kurang dingin.

Bila kulkas dengan model menggunakan motor kipas pada bagian pendinginan untuk mendinginkan atau membuang panas pipa kondensor dan terjadi kerusakan motor kipas atau sirip pipa kondensor sudah tertutup debu akan menyebabkan kulkas tidak dingin maksimal. Ini sering ditemukan pada kulkas jenis inverter, freezer bok dan lemari pendingin showcase.

Terjadi kebuntuan pada pipa saluran air dari proses pencairan bunga es di evaporator yang menuju ke tampungan air. Kebuntuan tersebut menyebabkan heater terendam air dan tidak bisa memanaskan bunga es di ruang pipa evaporator yang menyebabkan penumpukan bunga es dan menghalangi jalur sirkulasi udara, bila kulkas menggunakan heater pipa maka air akan mengalir melalui jalur udara ke ruang pintu bawah yang menyebabkan jalur udara pendinginan keruang pintu bawah terganggu.

Proses pencairan bunga es setiap 7 jam sekali gagal terjadi akibat kerusakan pada komponen pencairan bunga es sehingga terjadi penumpukan bunga es di ruang evaporator yang terletak di ruang freezer yang tertutup sekat dan menutup semua jalur sirkulasi udara masuk maupun keluar

Terjadi gangguan penyempitan jalur pipa gas freon, kebuntuan gas freon dan tekanan mesin compressor untuk memompa gas freon berkurang akan menyebabkan kulkas kurang dingin, cara memperbaikinya akan saya bahas di akhir postingan ini.

Cara memperbaiki kulkas 2 pintu akibat penumpukan bunga es di ruang evaporator

Mendeteksi kerusakan yang terjadi pada kulkas 2 pintu dengan ciri-ciri terjadi penumpukan bunga es di ruang pipa evaporator bila salah tebak akan muncul kembali bunga es dalam waktu sekitar 1-2 hari, untuk itu agar tidak salah tebak dalam penggantian komponen bisa dengan cara sebagai berikut :

Langkah pertama

Cairkan bunga es yang menempel dan melekat pada sekat ruang freezer ke ruang evaporator dengan cara menggunakan hair drayer ( pengering rambut ) agar bunga es mencair dan mudah untuk membukanya.

Atau dengan menyemprotkan air untuk cara lebih cepat dengan memindah kulkas keluar rumah tentunya agar tidak banjir 😃😃😃
Kalau menunggu cair sendiri bisa membutuhkan waktu seharian penuh bahkan sampai 2 hari.

Sesudah es mencair sebagian atau semuanya buka penutup sekat tersebut dengan membuka semua baut lalu tarik penyekat dengan menggunakan tang.

Cairkan semua bunga es bila masih ada yang tersisa sambil cek jalur air yang menuju tampungan di belakang kulkas apakah buntu atau tidak.

Langkah kedua
Mencari letak thermo defrost, thermo defros terletak menempel pada pipa muffler, namun ada juga yang diletakkan diatas sirip pipa evaporator atau di sekat pembatas.
Contoh thermo defrost / bimetalGabungkan kedua kabel tersebut agar terhubung yang nantinya akan mengaktifkan heater.

Langkah ketiga
Pengecekan heater defrost kulkas dan thermo fuse dengan cara memutar timer defrost pelan-pelan kearah kebalikan jarum jam sampai mesin compressor dan motor kipas blower mati, tunggu sampai sekitar 10 detik untuk heater kaca dan 3-5 menit untuk heater pipa lalu cabut listrik dan periksa heater defrost apakah panas atau tidak, bila panas berarti masih baik dan layak pakai.

Langkah keempat
Mengecek timer defrost dengan mencopot atau melepas thermo defrost agar kabel tidak terhubung, hubungkan kulkas kelistrik sambil melihat putaran gigi roda timer melalui kaca transparan seperti pada gambar timer diatas yang saya lingkari apakah berputar atau tidak, kalau berputar berarti timer defrost masih baik dan layak pakai, cara lain bila tidak ada kaca transparan maka tunggu sekitar paling lama 45 menit maka timer kalau masih baik akan berputar dan menuju ke proses pendinginan yaitu mesin compressor dan motor kipas hidup kembali.

Bila semua dalam kondisi baik yaitu jalur pipa air lancar, heater dan thermo fuse baik, timer juga baik maka langkah selanjutnya mengganti thermo defrost, karena cara menebak thermo defrost masih layak pakai atau sudah rusak sedikit sulit, ada air di dalam thermo defrost bisa menyebabkan kerusakan padahal waktu pengecekan dengan menaruh di tempat suhu rendah ( dingin ) masih baik belum tentu ketika di gunakan masih baik.

Bila kulkas 2 pintu menggunakan modul PCB eletrik sebagai pengganti timer defrost, bisa sobat lihat postingan ini.

CARA MENDETEKSI KERUSAKAN PADA THERMISTOR KULKAS

6 LANGKAH MERUBAH MODUL DEFROST ELEKTRIK KE DEFROST TIMER KULKAS

CARA MEMPERBAIKI KULKAS 1 2 PINTU KURANG ATAU TIDAK DINGIN AKIBAT MASALAH KEBOCORAN, KEBUNTUAN GAS

Memperbaiki kerusakan kulkas baik kulkas satu pintu maupun dua pintu untuk masalah kerusakan sistem pemipaan atau gas freon ( refrigrant ) semua merek bisa di lihat dari ciri-cirinya sebagai berikut :

Mesin compressor hidup tetapi ketika dipegang pada bagian body luar kulkas tidak panas atau hangat

Tidak ada bunga es atau bunga es cuma sedikit di pipa evaporator

Langkah perbaikan kulkas bocor, buntu atau oli banyak terjebak di pipa evaporator
Untuk memperbaiki kulkas bocor tentunya dengan cara menambal dan mengisi gas kembali, sedangkan untuk masalah kebuntuan gas freon cari dan perbaiki.

Apakah langkah perbaikan semudah itu...?
Oh tentu tidak, bila asal asalan mungkin hasilnya kurang maksimal dan takkan bisa awet tahan lama.

Untuk itu cara memperbaiki nya bisa sobat lakukan dengan cara sebagai berikut :

Siapkan alat-alat kerja untuk memperbaiki sistem pemipaan beserta gas refrigrant

Las pipa

Cutter pipa ( pemotong pipa )

Tang jepit

Pemotong pipa kapiler

Manifol beserta selang

Mesin vakum

Bahan yang digunakan :

Gas freon ( refrigrant )

Bahan cairan pembersih ( R11 )

Bahan cairan pembersih ( metil )

Perak las tembaga

Las almunium ( aluplatinum )

Las pipa tembaga - pipa besi ( kuningan )

Bahan gas pendorong ( nitrogen, R22 atau R32 )

Pipa pengisian

Filter

Pipa kapiler

Amplas ( kertas gosok )

Lem hijau, lem besi ( bila mau menambal kebocoran pakai lem

JENIS PEKERJAAN
- Vakum : mengeluarkan udara dalam sistem sehingga sistem menjadi hampa udara.
- fLushing : mengeluarkan semua jenis kotoran dari sistem.

# yang dimaksud sistem adalah instalasi pemipaan pada alat pendingin ( refrigerator ) yaitu pipa discharge ( pipa tekan ), pipa kondensor, pipa kapiler, pipa evaporator dan pipa suction ( pipa hisap ).

Langkah perbaikan
Potong pada ujung pipa pengisian gas yang berada di mesin compressor untuk mengetahui lebih jelas jenis kerusakannya, bila sesudah dipotong tidak ada gas yang keluar atau cuma ada sedikit berarti penyebab kerusakan karena ada kebocoran. Bila pada waktu memotong pipa pengisian banyak gas yang keluar, berarti penyebab kerusakan karena jalur gas terganggu ( buntu ).

Langkah awal dengan cara flusing sistem pemipaan
Cara flushing pada sistem pendingin Freezer / Kulkas / Showcase / Chiller ( pipa refrigerator )
- Lepaskan pipa discharge dan ujung pipa kondensor yang menempel pada filter. Pasang pipa pengisian dengan las pada pipa discharge berfungsi untuk memasukkan bahan cairan pembersih seperti R11 atau metil kemudian dorong dengan gas pendorong sambil buka tutup ujung kondensor sampai uap air yang keluar dan pastikan sudah bersih dari segala jenis kotoran,
Flushing kondensor selesai.

- Lepaskan pipa suction (ujung pipa hisap compressor ), potong pipa kapiler pada ujung filter dan sambung dengan pipa pengisian yang diperpanjang agar dapat menampung cairan pembersih lalu dorong dengan gas pendorong dan ujung pipa suction dibuka tutup sampai yang keluar berupa uap, bila pipa evaporator bocor, sementara ditambal dahulu yang sebelumnya digosok atau di amplas cat sekitar kebocoran sampai bersih. Tetapi bila mau di las kebocorannya tutup sementara dengan tangan.
Untuk masalah gas buntu pada pipa kapiler bila sudah tidak bisa dibersihkan dengan cairan pembersih, sebaiknya ganti dengan pipa kapiler yang baru.
Flushing evaporator selesai.

- Untuk mengganti kapiler agak sulit, tapi anda bisa melepas kapiler dari evaporator dan membuat jalur dengan melubang kebelakang dengan obeng terlebih dahulu agar bisa mengetahui bila ada pipa kondensor yang tertanam di belakang body kulkas. Bisa juga pipa kapiler dilewatkan melalui saluran air.

Las pipa evaporator yang bocor- las kebocoran pada evaporator menggunakan aluplatinum yang sebelumnya sudah dibersihkan dari cat dan oli.
- Rangkai kembali sistem
- Ganti filter dengan yang baru.
- Ganti oli compressor.
- Beri pipa kapiler vakum sepanjang 10 cm pada filter disamping pipa kapiler sistem untuk menggunakan vakum compressor bawaan kulkas

Cara vakum pada sistem pendingin Freezer / Kulkas / Showcase / Chiller ( Refrigerator )

- beri nepel pengisian pada pipa pengisian di compresor, bila compressor bermasalah ganti yang baru, ini juga seperti cara mengganti compressor alat pendingin, pasang selang beserta manifol dan gas freon ( refrigrant )
Vakum menggunakan mesin vakum, bila tidak mempunyai mesin vakum, hidupkan compressor sambil cek pipa kapiler vakum akan mengeluarkan udara dalam sistem instalasi pipa sampai udara benar- benar sudah tidak keluar dari pipa kapiler vakum.

- Bila sudah kondisi vakum, matikan compressor sambil beri sedikit cairan methil pada ujung pipa vakum, methil akan tersedot masuk dan lansung pencet ujung pipa kapiler vakum.
Tunggu beberapa saat sampai dipastikan tidak ada kebocoran.

- Isi gas freon ( refrigrant ) sampai 40 psi dan tunggu sebentar, lalu hidupkan compressor. Pada jarum manifol akan turun hingga 0 psi atau kurang, bila kurang ditambah sedikit demi sedikit sampai isi gas freon bertekanan sekitar 10 psi.
Cara menambahkan gas freon harus sabar dan jangan keburu-buru sambil melihat pipa evaporator terjadi bunga es merata.

- Waktu pengisian normal bisa membutuhkan waktu sekitar 1 jam karena pengisian gas tidak boleh dipaksa langsung penuh yang berakibat kerja mesin compressor terlalu berat.

- Bila sudah ada bunga es merata disemua evaporator dan isi gas menunjukkan 10 psi berarti pengisian gas refrigrant sudah selesai. Pencet pipa pengisian dan selanjutnya potong dan buntu pipa tersebut dengan Las. Proses pengisian gas telah selesai.

Perlu diingat :
Bila masih ada suara gemricik di pipa evaporator dan tidak terjadi bunga es, kemungkinan flushing evaporator belum bersih dari oli atau bahkan bisa jadi cairan pembersih masih ada di pipa evaporator.

Demikian cara memperbaiki semua jenis kerusakan pada kulkas atau lemari pendingin lainnya.


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI SEMUA KERUSAKAN KULKAS 1 PINTU DAN 2 PINTU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel