Kenapa Solder Nyetrum ,Ini dia masalahnya!

Solder Nyetrum

Hallo apa kabar pembaca setia SolderPanas.com , Jarang buat artikel nih karena disibukan dengan kesibukan nyata ,yaeelahh kaya orang aja hehehe..iya soalnya banyaknya service-an  dirumah dan panggilan mengakibatkan admin jarang post artikel tiap hari deh,yaudah gausah basa-basi lagi langsung ke inti permasalahannya aja.

Solder Nyetrum saat dipakai untuk Nyolder Jalur

Waduhhh bahaya tuh kalau solder yang kita gunakan selama ini untuk service tiba-tiba nyetrum,apalagi kalau setrumnya bertegangan Tinggi,Selain bisa mengakibatkan terkejut bahkan mental kerusakan solder nyetrum juga bisa mengakibatkan kerusakan komponen yang tidak kuat akan voltase dari tegangan solder tersebut,malah bisa-bisa menambah kerusakan ke komponen lain..waduhh gawat juga yah!! Nah maka dari itu Admin akan berikan solusi kenapa solder yang kita pakai bisa nyetrum.

Kerusakan untuk sebuah solder adalah hal simpel,namun untuk teknisi pemula permasalahan seperti ini sangat menjengkelkan ,bagaimana tidak menjengkelkan enak-enak service barang elektronik ehh tiba-tiba kaget kesetrum listrik ..kan lucu,apalagi kalau dapat service panggilan ,sakit sih enggak tapi malu nya itu lohh.

Penyebap 

1.Penyebapnya yang paling umum adalah rusaknya Element itu sendiri yang terdapat di dalam selongsong solder,Biasanya karena adanya elemet yang nyentuh bagian body solder sehingga mengakibatkan ada arus yang mengalir.

2.Kualitas yang buruk dari Element yang di gunakan/dipakai ,saya juga dulu pernah pakai Elemen dengan kualitas ecek-ecek harga Cuma 15ribu ,panas enggak nyetrum iya dari tragedi itu saya nyesel beli yang murahan..ehh bukan sok kaya yah ane Cuma mau bilang kalau harga menentukan kualitas juga loh.

3.Bocornya Element yang digunakan,seperti yang saya bilang tadi ,jika dalam element mengalami ke bocoran maka arus yang ada didalam elemet akan mengalir ke body solder,sehingga tak jarang solder menyetrum.

4.Terlalu sering untuk membuang tegangan yang tersimpan di Elco besar 400v saat dalam perbaikan TV Tabung misalnya,sehingga menyebapkan element bocor.

Solusi 

1.Belilah Element dengan kualitas yang cukup baik,sangat banyak yang jual element solder ini ,biasanya di toko Elektronik maupun  Toko Listrik menjual Komponen ini.Namun apabila kalian jauh dari toko elektronik,kalian bisa beli di Marketplace online seperti:Tokopedia,Bukalapak dengan harga yang terjangkau.

2.Cek terlebih dahulu element saat baru membelinya,terkadang ada lecet bahkan tak jarang element gepeng,itu semua bisa mengakibatkan rusaknya elemet itu sendiri.

Harga Element Umumnya : Rp.35.000,- (Standard)


Saran saya ,saat pemasangan element jika dirasa sudah benar kita cek dulu dengan tester analog,untuk memastikan tidak ada sambung singkat antara body solder dan element solder,Caranya dengan Putar probe tester di skala Ohm x10 di x berapa aja gpp yang penting di sekala ohm .

Letakkan probe merah ke colokan untuk probe hilam letakkan ke body,jika dalam pengukuran jarum tidak bergerak,maka tidak terjadi hubung singkat(aman),namun apabila saat pengukuran jarum menunjukan ke angka tertentu ,maka ada element yang terhubung di dalamnya.

Mungkin pengalaman inilah yang dapat saya sampaikan ke pembaca tercinta,terkhusus teknisi yang baru menyelami dunia ke-Elektronikan,Semangat terus untuk belajarnya salam dari saya Admin Blog Solderpanas.com ,Matur suwun.



0 Response to "Kenapa Solder Nyetrum ,Ini dia masalahnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

DomaiNesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel