Fungsi Overload Pada Kulkas Yang Belum Kalian Ketahui!

Fungsi Overload pada  Kulkas dalam Sistem Kelistrikan –setiap peralatan elekronik sudah tentu mempunyai komponen-komponen yang sangat penting. Mulai dari yang kelihatan oleh  mata, sampai yang terkecil tidak jelas untuk dilihat oleh mata ,bila kita lihat dengan mata telanjang.

PTC/Overload

Kulkas sebagai, alat elektronik rumah tangga yang berfungsi untuk menyimpan suatu  makanan maupun minuman yang ingin di awetkan, kulkas  juga memeliki sebuah komponen kelistrikan yang saling berhubung erat  antara komponen  satu dengan yang lainnya pasta  terdapat kegunaanya masing-masing , kemaren saya  sudah pernah membahas mengenai  fungsi thermostat pada suatu kulkas, kali ini kita akan membahas juga masih dalam bidang pendingin , pengertian dan fungsi overload pada kulkas.

Pengertian Dari Relay Overload Pada Kulkas
Yaitu Relay Overload adalah suatu komponen penting yang terdapat pada suatu system refrigerator. Dalam hal ini sudah tentu kulkas, AC, Freezer dan sejenis mesin pedingin lainnya. Jika ditempat kalian pernah mengalami MCB listriknya sering jegleg  (turun), padahal daya listrik mencukupi untuk mensupply  kebutuhan listrik satu rumah, bisa jadi ampere pada MCB ditempat kalian terlalu kecil dibanding dengan ampere peralatan elektronikrumah lainnya.

Pada sistem kerja relay overload, kurang lebih sama cara kerjanya dengan MCB. Bedanya, kalau fungsi overload pada kulkas 1 pintu maupun 2 pintu, serta sejenis mesin refrigeratorlainnya yang digunakan, ini untuk pelindung kompresor dari kelebihan suatu listrik.

Fungsi Overload pada Kulkas 
Letak overload itu sendiri ini menempel  langsung pada sebuah kompresor. Ada yang modelnya bisa dilepas dan ada juga yang memakai soket, ada juga yang model tanam yaitu bisa  langsung ditanam pada kompresor itu sendiri.

Untuk model yang hanya menempel ini, kita masih  bisa saja untuk menggantinya jika terjadi kerusakan pada kulkas tersebut. Namun untuk yang model tanam tentu tidaksangat sulit diganti bahkan ada yang gak bisa diganti, tetapi biasanya jarang sekali rusak untuk yang model tanam ini. mungkin ada sebagian yang bertanya –tanya kenapa letaknya harus menempel pada kompresor  yah? Kalau tidak menempel , apakah bisa mengakibatkan kerusakan pada kulkas itu sendiri ?

Baik saya akan jawab, karena ini berfungsi untuk mengontrok temperatur kulkas itu sendiri  ,yang jika ada kelebihan beban listrik yang tidak stabil. Jadi, jika suhu kompresor terlalu panas sekali, maka overload akan memutus arus sendiri secara otomatis  dan setelah mesin sudah dingin maka akan normal kembai,dan  akan nyala lagi.
Jadi, jika suatu overload terkena panas yang berlebih sehingga  akan memutus arus yang mengalir pada kompresor kulkas tersebut, dan jika terkena dingin akan menyambung kembali. Ini berarti kebalikannya dari komponen pada thermostat pada kukas.
Sistemnya sama seperti dengan thermodis, kalau ini untuk kompresor sedang thermodis biasanya untuk elemen panas. Seperti yang terdapat pada sebuah setrika, panas dispenser, danperangkat pemanas lainnya.

Namun Apa yang terjadi jika kulkas tidak memakai overload ?
Itu sangat merusak kompresor itu sendiri karena tidak bisa memutus secara otomatis,sehingga akan terus bekerja sehingga akan mennyebapkan komponen cepat rusak. Misalnya terkena tegangan tinggi. Serta juga bisa, mesin akan nyala terus menerus padahal termperatur pada kompresor sangat panas melebihi batasmaksimum yang ditentukan.

Kerusakan yang biasa terjadi pada komponen kulkas yaitu overload ini diantaranya.
Overload Keropos
Ini disebabkan karena sering terkena panas terus menerus , kemudian menjadi putus pada elemennya. Sehingga membuat kompresor tidak bekerja karena tidak arus yang mengalir ke kompresor itu karena terjadinya kekroposan overload tersebut.

Overload Kotor
Platina / bimetal biasanya cepat sekali kotor , kotor ini disebabkan bisa dari debu atau kotoran yang menempel, sehingga arus listrik tidak sampai ke kompresor, sehingga mengakibatkan mesin tidak bekerja dan kulkas tidakbisa  dingin.

Platina Overload Tidak Berfungsi
Dalam hal ini biasaya disebabkan karena memang dari usia itu sendiri  karena sudah lama. Mesin tetap akan bekerja terus walaupun dalam terperatur kompresor sangat tinggi dan tidak memutus arus jika terjadi over volt karena terjadi kerusakan pada overload itu sendiri . Jadi, memakai overloaditu sangat penting demi menjaga kompresor kulkas itu tetap awet.
harga relay overload itu sendiri berfariasi , tergantung type dan ukurannya yang dipakai. Untuk lebih jelasnya bisa langsung hubungi kontak kami. +62 82242417068

Kesimpulan
Maka dalam komponen kulkas  satu  pintu maupun dua pintu yang terdapat di pasaran, itu terdapat komponen yang  namanya relay overload. berfungsi sebagai pelindung bagi mesin /kompresor untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi arus listrik yang masuk tidak stabil. Juga bisa untuk menjaga dari  mesin dari over temperature, jadi mesin kompresor tetep  masih bisa di selamatkan, dan yang rusak hanya overload saja.

Nah itulah pembahasan sederhana dari Tuser SolderPanas.Com, cukup jelas bukan ulasan di atas ? Jika dari pembaca ingin menambahkan dari artikel tersebut  atau ada yang belum mengerti mengenai fungsi overload kulkas ini, bisa Anda sampaikan di kolom komentar dibawah ya. Berikan komentar anda secara  sopan dan berkualitas.Sekian dulu artikel kali ini, jika bermanfaat share di media sosial kalian. Terima Kasih

3 Responses to "Fungsi Overload Pada Kulkas Yang Belum Kalian Ketahui!"

  1. Sangat membantu untuk teknisi pemula!! Tolong bantu bagikan artikel ini

    ReplyDelete
  2. Bagaimana ngetest kerusakan overload?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita bisa mengetaui kerusakan overload dengan mengetes nya dengan Alat Multitester..prinsipnya sama seperti saklar.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel