Amplifier Dengung Tidak Ada Suara

Amplifier Dengung Tidak Ada Suara – Kemarin Pagi ada tetanggan saya bawa power amplifier rakitan yang rusak dengan kerusakan tidak ada suara sama sekali. Biasanya hal pertama yang saya lakukan yaitu menghubungkan speaker pada jack output untuk melihat apakah suara memang benar-benar tidak ada itu untuk memastikan saja.

Pemeriksaan lainnya adalah memeriksa tegangan arus DC output di speaker output jack nya. Disini tidak perlu ada tegangan DC dan saat pengekan terukur ada tegangan 24 volt DC. Nahh Itu artinya transistor daya internal sudah korsleting/short.

Power amplifier tidak ada suara (no sound)

Dari pemeriksaan Secara fisik sementara ini, saya menemukan dua elco kecil sudah Agak kembung, beberapa resistor Sudah terbakar. Jika sebuah resistor ditemukan ada yang terbakar, ini berarti transistor penguat daya utama juga akan ikut korsleting.

Benar saja, ketika saya ukur dengan multitester, kaki BCE transistor itu yang final sudah pada sambung semua(short). TR/Transistor finalnya adalah TIP 2955 dan 3055. Dari pengalaman Saya sebelumnya, jika sekali Anda telah menemukan suatu transistor final pada power sudah ada yang korsleting, Anda juga perlu memeriksa semua komponen di sekitar sirkuit tersebut.

Setelah cek satu persatu komponen power nya tadi, saya menemukan banyak komponen yang sudah rusak yang mengakibatkan power tadi gak ada suara, short dan hangus terbakar. Power amplifier ini adalah 150 watt stereo. Saya hitung ada 6 komponen secara keseluruhan yang rusak. Setelah saya ganti semua komponen yang rusak tadi, waktunya untuk tes, dan power amplifier sudah bisa berbunyi lagi. Colokkan jack dari CD player suara sudah normal.

Jika anda mendapati kerusakan Suatu power amplifier seperti ini, “TR final terbakar” jangan hanya mengganti TR saja tapi cek juga komponen pendukungnya. Apalagi jika sudah terlihat ada komponen yang gosong apalagi pecah. Periksa dulu komponen pendukung yang lain, kemungkinan besar pasti ada yang rusak, misalnya elco dan diode.

Semoga tips singkat tentang cara Memperbaiki Power” Amplifier dengung tidak ada Suara” bisa bermanfaat bagi sahabat SolderPanas.com sekalian. terima kasih.

Tinggalkan komentar