Pengertian Dan Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Pengertian Dan Komponen Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Komputer - Pemakaian komputer sampai dengan saat ini sudah semakin banyak digunakan. Dilihat dari perkembangannya, terdapat berbagai inovasi-inovasi dan pengembangan dari segi fungsi maupun kegunaannya yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Pengertian Komputer

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima masukan berupa instruksi dari pengguna (user) atau seseorang yang dapat mengolah instruksi tersebut sesuai dengan sistem kerjanya secara otomatis, dan kemudian akan menghasilkan output berupa informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Komponen-komponen Komputer

Komponen-komponen komputer terdiri dari 3 komponen, diantaranya :

  1. Perangkat keras (hardware) 
  2. Perangkat lunak (software) 
  3. Manusia (brainware)

Hardware (perangkat keras)

Hardware adalah peralatan yang secara fisik dapat terlihat dan disentuh oleh penggunanya. Hardware sendiri terdiri dari 4 jenis, yaitu :

1. Piranti Masukan (input device)

Input device yaitu perangkat yang digunakan untuk memasukkan instruksi dari pengguna. Contohnya : keyboard, mouse, scanner, kamera, mic, dan sebagainya. Jadi, input device ini adalah perangkat yang digunakan pengguna, misalnya pada saat mengetik, mengklik mouse, dan sebagainya.

2. Piranti Pengolahan (processing unit)

Komponen ini adalah jenis komponen yang paling penting, karena processing unit atau biasa disebut sebagai CPU ini adalah bagian dari otaknya komputer. Jadi, tiap instruksi yang masuk kedalam device komputer akan diolah pada unit ini.

3. Piranti Keluaran (output device)

Perangkat yang berguna untuk menampilkan hasil output dari proses yang dikerjakan oleh komputer. Contohnya : monitor (menampilkan teks dan gambar), printer (mencetak dokumen), serta speaker (mengeluarkan suara).

4. Penyimpanan Cadangan (Backing Storage)

Sebenarnya CPU sudah bisa menyimpan setiap dokumen yang di proses dalam komputer. Namun, bedanya dengan penyimpanan cadangan ini adalah hasil simpanan yang ada di CPU dapat dipindahkan menggunakan penyimpanan cadangan. Contohnya : flashdisk, disket, CD, dan lainnya.

Dari keempat jenis hardware tersebut diklasifikasikan lagi menjadi 2 kelompok, untuk input dan output device disebut dengan periferal, device ini berada diluar casing komputer. Sedangkan CPU dan backing storage ini termasuk kedalam komputer itu sendiri.

Bagan hubungan komputer
Bagan hubungan komputer
Dapat dilihat, input device memasukkan instruksi yang kemudian instruksi tersebut akan diproses oleh CPU dan akan menghasilkan berupa output yang akan ditampilkan oleh output device atau dapat juga disimpan filenya di backing storage.


Software (perangkat lunak)

Software adalah suatu program yang berisi instruksi atau perintah yang ditulis dalam bahasa komputer dan kemudian dapat dimengerti oleh komputer itu sendiri. Terdapat 2 jenis software, yaitu :
  1. Software sistem operasi, yaitu perangkat lunak yang harus di install terlebih dahulu agar komputer tersebut dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. 
  2. Software aplikasi, adalah software yang harus di install oleh pengguna sesuai dengan apa yang pengguna butuhkan. Contohnya : Adobe Photoshop yang (digunakan untuk editing gambar), ketika pengguna membutuhkan software untuk mengedit gambar maka ia harus menginstalnya terlebih dahulu. Berbeda dengan software sistem operasi, software ini harus di install didalam komputer tersebut terlebih dahulu.

Brainware (manusia)

Brainware atau biasa disebut sebagai user (pengguna) adalah orang yang menggunakan, memakai, atau mengoperasikan perangkat komputer. Terdapat 3 klasifikasinya, contohnya :

1. Programmer

Orang yang memiliki keahlian khusus dalam bahasa pemrograman dan akan membuat software-software yang dibutuhkan oleh pengguna lain.

2. Administrator

Administrator adalah orang yang mengelola jalannya sistem komputer, misalnya admin database.

3. Operator

Operator adalah orang yang hanya menjalankan setiap device komputer dan menjalankannya untuk kepentingan pribadi.

Alur kerja sistem komputer
Alur kerja sistem komputer
Dibawah ini terdapat bagan interaksi atau alur kerja sistem komputer, yakni user melakukan instruksi pada input device yang kemudian akan di proses didalam CPU dan hasilnya akan ditampilkan pada output device yang dapat diterima informasinya lagi oleh user.


Kesimpulan

Ketika komponen ini, yakni hardware, software, maupun brainware sangatlah penting. Hardware komputer tidak dapat bekerja jika tidak ada software di dalam komputernya, dan hardware ataupun software juga tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya jika tidak ada brainware (manusia) yang mengoperasikan komputer. Jadi, ketiga komponen ini memiliki fungsi yang saling terkait satu sama lain.

0 Response to "Pengertian Dan Komponen Komputer Beserta Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

DomaiNesia

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel