Cara mudah memperbaiki Amplifier tidak ada suara sama sekali (output tidak bisa)


Solderpanas.com – Memang sangat susah dan bingung jika dihadapkan oleh permasalahan yang satu ini ,mengapa sangat merepotkan..?? karena Amplifier ini masih ada tanda tanda kehidupan namun tidak ada suara sama sekali saat di tancapkan di spiker gimana aneh bukan,namun jangan terlalu di ambil pusing semua itu bisa di tangani oleh kita sendiri walau kita masih awam/pemula di bidang elektronika ,yak kita langsung saja  ke topik pembahasannya:


Biasannya hal yang pertama saya lakukan adalah menghubunkan ke spiker pada  jack output amplifier  untuk memastikan bener benar bahwa amplifier tidak ada suaranya.Disini tidak boleh ada tegangan DC pada saat pengecekan jika pada saat pengecekan terdapat tegangan itu artinya ada Transistor daya internal sudah konslet/short.


Power amplifier tidak ada suara
Dari pemeriksaan fisik tadi ,saya menemukan ada dua elco kecil sudah kembung,dan beberapa resistor terbakar .jika ada sebuah resistor yang terbakar ini menunjukan berarti ada transistor yang short  sebelum elco dan resistor yang tadi mengalami  kembung dan gosong.Dan benar saja ketika saya ukur transistornya dengan multimeter ,kaki BCE transistor sudah pada sambung atau konslet .TR finalnya adalah TIP 2955 dan 3055.Dari pengalama sebelumnya  jika terdapat transistor final pada power sudah short  anda juga harus perlu memeriksa semua komponen di sekitar sirkuit tersebut yang terkait.
Setelah cek satu persatu komponen pada power amplifier ,saya menemukan banyak komponen yang sudah pada rusak,short dan hangus terbakar,power amplifier yang saya tangani ini adalah 150 watt stereo.Saya hitung ada 6 komponen rusak setelah saya ganti semua komponen yang rusak tadi dan setelaah itu saya tes kembali power amplifiernya  dan kita pasang lagi jack spikernya dan taraaaa... power amplifier pun bisa mengekluarkan suara kembali setelah penggantian TR dan komponen di sekitar TR Alhamdulilah aplifiernya kemballi normal lagi.

Jika anda mendapati kerusakan power amplifier seperti ini “TR final terbakar” jangan hanya menggantu Komponen itu saja.Apalagi jika terlihat komponen yang gosong atau pecah  ,periksa dulu komponen pendukung lainya misalnya Elco dan Dioda.

Dan itulah pengalaman saya memperbaiki power amplifier dengan masalah nyala namun tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.Sekian pengalaman yang bisa saya share semoga dapat membantu permasalahan anda.Terima Kasih

10 Responses to " Cara mudah memperbaiki Amplifier tidak ada suara sama sekali (output tidak bisa)"

  1. Power yg baru saya rakit gak ada ciri² kerusakan, baru ganti tr final. Awalnya pas mau masukin ke box, terjadi hubungan singkat, sehingga ada jalur ground yg terkelupas. Stlh ganti tr final, cek dco, bias, semua normal. Tapi saat sentuh input, gak ada respon di speaker. Tapi saat baru di nyalakan, ada suara hum sebentar di speaker. Kira2 apa yg bermasalah ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek capasitor milar bagian input nya pak..atau ganti mylar yg mikronya agak kecil

      Delete
  2. Bang punya saya speaker bluetooth advance, biasanya saya pakai bluetooth/flashdisk untuk putar lagu, terakhir saya coba pake kabel aux mati total
    Mohon solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya terjadi hubung singkat di circuit nya ya mas..saya juga gitu dulu..waktu saya buka ada jalur yg kegeser akibat termakan usia..

      Delete
  3. Bos saya punya amply mini,di stel suara normal,tapi setelah 5 menit kemudian suara hilang muncul suara dengung dan rebek mohon bantuan nya bos

    ReplyDelete
  4. boss ampliku suarane aneh, ngonokui apane seng rusak bos?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel